Profil Prodi Sistem Informasi
.

Screen Shot 2013-07-22 at 12.23.14 PM.png

KOMPETENSI LULUSAN PRODI SISTEM INFORMASI

Kompetensi dasar yang dimiliki oleh mahasiswa Program Studi Sistem Informasi adalah keterampilan/keahlian di bidang komputer baik dalam hal analisa program, pemrograman maupun dalam hal multimedia dan kecerdasan buatan. Selain itu, mahasiswa dididik agar memiliki keterampilan/keahlian dibidang akademis baik itu sebagai seorang pengajar maupun sebagai peneliti. Program Studi Sistem Informasi juga mendidik mahasiswa agar memiliki jiwa wirausaha dan memiliki kemampuan/keahlian menjadi wiraswasta baik dalam bidang komputer maupun dalam bidang lainnya. Sebagai masyarakat Indonesia mahasiswa juga dididik untuk memiliki sikap dan moral yang baik sebagai bekal pelengkap di masyarakat maupun untuk memasuki dunia kerja.

 

Selain kompetensi dasar yang telah dijelaskan, dalam Program Studi Sistem Informasi juga terdapat kompetensi khusus yang dimiliki oleh mahasiswa sesuai dengan peminatan yang dipilih oleh mahasiswa. Mahasiswa dapat menyalurkan minat dan bakatnya dengan memilih bidang peminatan yang sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimilikinya. Peminatan yang dapat dipilih oleh mahasiswa antara lain; peminatan Enterprise System, peminatan Game and Multimedia , peminatan Intelligent System dan peminatan E-Tourism

PEMINATAN

Peminatan Enterprise System merupakan peminatan dalam Program Studi Sistem Informasi yang mendidik mahasiswa agar memiliki kemampuan/keahlian tentang analisa sistem informasi baik sistem informasi akuntansi, sistem informasi geografis serta pengembangan sistem informasi untuk masyarakat. Selain itu mahasiswa dibekali dengan kemampuan untuk melakukan audit sistem informasi dan dilengkapi dengan kemampuan dalam bidang keamanan sistem informasi.

Peminatan Game and Multimedia merupakan peminatan dalam Program Studi Sistem Informasi yang mendidik mahasiswa agar memiliki kemampuan/keahlian tentang konsep dan aplikasi multimedia, desain grafis, computer grafis dan komputer animasi serta kemampuan dalam mengembangkan game yang interaktif dan menarik untuk digunakan sesuai dengan teknologi terkini.

Peminatan Intelligent System merupakan peminatan dalam Program Studi Sistem Informasi yang mendidik mahasiswa agar memiliki kemampuan/keahlian tentang kecerdasan dalam sebuah sistem. Mahasiswa memiliki kemampuan dalam membangun sebuah sistem yang mampu memberikan sebuah keputusan sesuai dengan data yang ada. Kecerdasan dalam sebuah sistem dapat juga diambil dari kemampuan seseorang pakar dalam menyelesaikan berbagai permasalahan sesuai dengan kemampuan pakar baik dalam hal prediksi maupun dalam hal pemberian alternatif keputusan.

Peminatan E-Tourism merupakan peminatan dalam Program Studi Sistem Informasi yang mendidik mahasiswa agar memiliki kemampuan/keahlian dalam bidang teknologi informasi khususnya dalam industri pariwisata. Dalam peminatan ini, mahasiswa akan fokus mempelajari dan memiliki keahlian dalam bidang teknologi informasi serta industri pariwisata kreatif, termasuk teknik digital marketing dalam pemasarannya.

PROFIL LULUSAN

Berdasarkan kompetensi lulusan yang telah dibahas sebelumnya, berikut adalah profil lulusan Program Studi S1 Sistem Informasi:

No

Profil Lulusan

Deskripsi profil

1

Analyst System

Bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan.

2

Database Administrator

Bertanggung jawab untuk melakukan implementasi terhadap database dan melakukan realisasi database secara fisik,  juga mencakup kontrol terhadap keamanan dan integritas database.

3

Information System Auditor

Bertugas dalam memastikan strategi dan pemeriksaan sistem informasi untuk melindungi dan memastikan informasi strategis perusahaan tersimpan dengan benar. 

3

ICT Project Manager

Manajer proyek TIK terlibat dalam proyek teknologi informasi dan komunikasi dari tahap perencanaan hingga penerapan solusi. Manajer Proyek berperan dalam mendelegasikan  tugas, mengatur batas waktu pengerjaan proyek, dan menetapkan anggaran untuk proyek tersebut. Tanggung jawab lainnya yaitu mengatur koordinasi dan pertemuan antar anggota tim serta memantau perkembangan pekerjaan yang dialkukan. Manajer Proyek juga harus mampu memastikan tim memiliki sumber daya yang tersedia untuk menyelesaikan tugas - yang mungkin mencakup materi, layanan dari luar, atau pekerja tambahan.

4

Web Developer

Bertanggung jawab dalam pengembangan dan menghasilkan aplikasi berbasis website dengan bahasa pemrograman tertentu. Mengubungkan semua sumber daya yang nantinya digunakan pada sebuah website, yang meliputi penggunaan database, membuat halaman yang bisa dinamis, sampai mengatur cara pengunjung berinteraksi dengan elemen yang ada pada sebuah website

5

Mobile Developer

Merupakan spesialis teknologi mobile dimana tugasnya adalah mendesain dan mengembangkan aplikasi mobile untuk Android, platform iOS dan Microsoft Windows Phone, bekerja dengan sumber data eksternal dan API serta melakukan tes kode unit untuk ketahanan, termasuk kegunaan, dan kehandalan umum

6

Game Developer

Bertugas dalam mengembangkan perangkat lunak khusus game. Dalam proses pengembangan game, game developer akan memiliki kemampuan konsep dasar game mencakup audio, desain, sampai pada penerapan dengan bahasa pemrograman.

7

Multimedia Specialist

Merancang dan mengembangkan aplikasi multimedia seperti sistem atau produk untuk hiburan, pendidikan maupun untuk penyuluhan. Dengan keahlian di media audio dan visual digital, multimedia spesialist akan membawa teks, foto, grafik, animasi dan suara bersama untuk membuat produk berbasis multimedia yang dapat dikirimkan secara online atau offline.

8

Software Tester

Memastikan aplikasi yang telah dibangun sesuai dengan kebutuhan pengguna serta menemukan berbagai kemungkinan kerusakan aplikasi atau penurunan performa saat suatu aplikasi digunakan

9

Business Data Analyst

Melakukan proses analisis bisnis pada suatu perusahaan dengan menerapkan berbagai teknik analisis seperti analisis statistik, pemodelan, prediksi maupun data mining untuk perkembangan perusahaan.

10

Digital Marketing Specialist

Melakukan proses marketing dengan menerapkan teknik digital marketing dan melakukan pengolahan, evaluasi serta optimasi sistem digital marketing yang ada.